PEMBARUAN DALAM PEMBELAJARAN PENANAMAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PPKN
DEWI NURI NURJANAH,S.P.d ,MM
Fenomena yang sangat menarik saat ini , ketika memasuki ruang guru hampir semua guru berbicara tentang flattform flatfom media pembelajaran yang di laksanakan secara on line , ujar kepala sekolah kami, Jamjuri , MP.d memberikan apresiasi yang luar biasa untuk kami para pengajar.
memang itulah kami dengan segala kebutuhan PJJ kami mau tak mau suka tak suka membiasakan diri untuk menggunakan moda moda tersebut ,baik yang berbayar maupun yang gratis , baik yang tatap muka secara daring ataupun secara satu arah .
Pembaharuan dalam pembelajaran sangat luar biasa pesat saat ini, pandemik covid -19 yang sering kita takutkan membawa sedikitnya memberikan dampak positip dalam dunia pendidikan, seorang guru sebagai agen perubahan tentunya di tuntut untuk bertindak cepat , cermat dan kreaatif agar siswa sebagai agen penerus bangsa tidak mengalami saat masa kegelapan ( dark alleys ) dalam masa pendidikan
Sebuah tuntutan sesuai dengan kondisi saat pandemiik ini ,guru bukan saja harus memberikan motivasi belajar pada peserta didik namun guru harus dapat mengemas sebuah paket pembelajaran yang menyenangkan , tidak menyimpang dari kurikulum yang berlaku atau setidaknya mencapai tujuan pembelajaran yang sederhana ,namun guru dituntut untuk mendampingi siswa siswa yang mungkin secara fisik sehat namun secara psikologis agak terganggu dengan pola kebiasaan yang berbeda saat pandemik dengan pada masa normal.kejenuhan pada masa pandemik ,sebuah gawai dan internet berdampak besar bagi peserta didik.
pendampingan guru terhadap peserta dalam proses belajar pun tak hanya semata untuk peserta didik bahkan pendampingan pun sering di berikan kepada orang tua peserta didik yang secara peran mereka mendapatkan peran ganda sebagai orang tua maupun sebagai pendamping belajar peserta didik .
Pembaharuan dalam pembelajaran adalah hal yang wajib dibuat baik oleh seorang guru, pengelola sekolah maupun dinas pendidikan terkait,diperlukan sebuah inovasi yang sangat menarik namun perlu tantangan bagi kami seorang guru bagaimana proses pembelajaran itu dapat mengemas hal hal tersebut di atas .
Bagi sorang guru, mengutip pendapat Kosasih Djahiri dalam buku Pembelajaran Dan Hasil Belajar IPS.Bandung: UPI Press, bahwa proses pembelajaran disamping memakai kemampuan intelektual juga selalu melakukan proses emoting, spiritualizing dan valuing terhadap seluruh dimensi normreference yang ada (diyakini yang bersangkutan dan atau kehidupannya) sebelum pengambilan keputusan (taking position)
Pendekatan pembelajaran demikian diyakini dapat mereduksi dampak lajunya perkembangan teknologi di era globalisasi dan menjawab tentang apa yang di butuhkan dalam pembaharuan pembelajaran pada masa pandemi Covid -19 .
Pembaharuan pembelajaran pada masa pandemi Covid -19 memerlukan inovasi dengan menggandeng perkembangan teknologi di era globalisasi , baik dari pihak guru, orang tua dan peserta didik.pembaharua dalam pembelajaran yang menggandeng perkembangan teknologi
adalah membuat guru, orang tua dan peserta didik semakin melek media (media literate).
Para guru , orang tua dan peserta didik membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan menggunakan kemajuan teknologi sehingga mereka akan mampu memfilter diri terhadap beragam informasi.Pendidikan dalam hal ini guru khususnya guru PPKN hendaknya mampu mengembangkan model pembelajaran agar siswa dalam menggunakan internet dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut untuk kepentingan edukatif dan produktif, bukan berdasarkan kesenangan atau hiburan belaka yang melahirkan kontraproduktif sehingga menghancurkan sikap, perilaku dan karakter pribadinya, sungguh hal yang sangat berat dan di perlukan keterpaduan, kesinambungan dan keberlanjutan dalam menanamkan pendidikan karakter baik di sekolah dan di luar sekolah .
Pembaharuan dalam pembelajaran karakter khususnya mata pelajaran PPKn memerlukan keterpaduan antara orang tua peserta didik dengan guru , adanya kesinambungan dan keberlanjutan diharapkan mampu menghasilkan generasi bangsa yang memiliki watak, karakter kuat dan kokoh terutama pada saat menghadapi dahsyatnya informasi dari media internet.
Dengan
demikian pembaharuan dalam pembelajaran karakter mata pelajaran PPKN, bukan saja mengejar target dalam kompetensi melainkan membentuk karakter peserta didik, penggunaan internet sebagai sarana komunikasi dan informasi harus
diarahkan serta dibimbing oleh orang tua maupun pihak sekolah ataupun
lembaga-lembaga Iainnya dalam masyarakat. Tanpa adanya pengawasan yang memadai
mengingat informasi-informasi yang disediakan di internet sangat beragam dan
banyak diantaranya tidak cocok untuk dikonsumsi remaja, maka jika dibiarkan
akan berdampak buruk bagi perkembangan karakter mereka. Bimbingan dalam
penggunaan internet akan mengarahkan mereka untuk menambah informasi dan
pengetahuan yang didapatkan dari internet sebagai wahana sumber informasi yang
dapat mendukung perilaku percaya diri sehingga mereka dapat lebih kreatif dalam
berfikir dan bertindak.
0 comments: